Mengenal, memiliki & memanfaatkan sebuah Komputer secara benar adalah tuntutan hidup di zaman ini. Betapa tidak, hampir di setiap ranah aktifitas manusia, di sana dijumpai Komputer yang membantu meringankan tugas-tugas hariannya.

Sebelum seorang pengguna Komputer (selaku Brainware) bisa memanfaatkan sebuah Komputer (yang tersusun dari Hardware & sampai (Software) dengan halal (untuk menyelesaikan tugas-tugas hariannya, baik itu profitnya di dunia atau di akhirat), menjadi sebuah pertanyaan besar baginya, yaitu bagaimana ia bisa memiliki & memanfaatkan Hardware & Software secara HALAL?

Kenapa menjadi sebuah pertanyaan besar? Al-jawab, karena Allah & Rasul-Nya telah melarang perbuatan saling mendzalimi sesama manusia. Allah & Rasul-Nya telah menetapkan & mengatur hubungan muamalah mereka, bagaimana seseorang bisa memiliki sesuatu yang menjadi milik yang lainnya dengan cara yang benar & adil.

Dalam masalah Komputer ini, masyarakat banyak yang terjatuh dalam perbuatan kedzaliman tersebut dikarenakan tidak mengetahui atau kurang mengetahui atau bahkan pura-pura tidak tahu atau tidak mau tahu tentang aturan main dalam memiliki & memanfaatkan Komputer. Untuk menghindarinya, maka mau tidak mau mereka harus mengetahui sedikit aturan main dalam memiliki dan memanfaatkan sebuah Komputer, dan alhamdulillah hal itu sangatlah mudah. Pertama-tama seorang harus mengetahui tentang apakah itu Komputer?. Baru setelah itu ia bisa pahami aturan main untuk memilikinya dan memanfaatkannya secara halal.

Komputer sebagaimana yang telah dikenal oleh banyak orang (baik itu Desktop Komputer, Laptop, Netbook, Tablet PC dst), tersusun dari 2 elemen utama yaitu Hardware dan Software.

1. Hardware atau Perangkat Keras adalah istilah umum untuk menamai peralatan fisik dari suatu teknologi. Kalau pada Komputer, yang dimaksud dengan Hardware atau Perangkat Keras dari sebuah Komputer antara lain :

* Motherboard, adalah papan (papan sirkuit listrik) utama yang memungkinkan komponen-komponen dalam dari sebuah Komputer saling terhubung satu dengan lainnya (dalam hal ini chipset motherboard berperan sebagai penghubung). Komponen-komponen dalam tersebut antara lain adalah CPU, Memori, Graphic Adapter, Sound Adapter, LAN Adapter, Hard Disk, Power Supply, DVD/CD-ROM Drive,dsb.

* CPU (Central Processing Unit), atau microprocessor yang merupakan “otak” dari sebuah Komputer. CPU berupa chip yang di dalamnya terjadi proses komputasi (proses perhitungan dengan basis biner atau 2 simbol angka yaitu 0 & 1). CPU bisa diperintah dengan menggunakan Bahasa Asembly. CPU disifati dengan karakteristik utamanya yaitu kecepatan proses komputasi per detik dalam satuan Hz, misalnya 1,73 GHz.

* Memori, atau fast storage, adalah tempat penyimpanan data atau instruksi yang sedang diproses oleh CPU. Data atau instruksi yang tersimpan di Memori tersebut diakses dengan sangat cepat oleh CPU. Memori disifati dengan karakteristik utamanya yaitu berupa kapasitas simpannya dalam satuan Byte, misalnya 1GB, 2GB dst.

* Hard Disk, adalah media penyimpanan data & software (kumpulan instruksi) yang bersifat permanen dalam arti ketika Komputer mati, data tersebut tetap akan ada. Berlainan dengan Memori, ketika Komputer mati, maka data & instruksi akan terhapus dari Memori tersebut. Namun sebagaimana Memori, ia disifati juga dengan karakteristik utamanya yaitu kapasitas simpan dalam satuan Byte, misal 320GB, 2TB.

* Graphic Adapter (GA), berfungsi untuk mengatur & menampilkan data gambar pada komponen Display (Monitor, LCD dst). GA bisa menyatu langsung dengan Motherboard (onboard) & bisa juga berupa kartu tambahan (via AGP atau PCI-Express). GA disifati dengan karakteristik utamanya yaitu besarnya kapasitas memorinya dalam satuan Byte, misalnya 512MB.

* Sound Adapter (SA), berfungsi untuk mengeluarkan dan merekam suara dari & ke dalam Komputer. SA bisa bersifat onboard atau dalam bentuk kartu tambahan.

* Power Supply (PS), adalah transformator yang mengatur kelistrikan yang dibutuhkan oleh Komputer.

* DVD/CD-ROM Drive, berfungsi untuk memindahkan data/software dari DVD/CD-ROM ke Komputer atau sebaliknya.

Dengan perangkat-perangkat keras utama penyusun Komputer di atas, mulai dari Motherboard (dengan onboard GA, SA, LAN Adapter dst), CPU, Memori, Hard Disk, DVD/CD-ROM Drive, Power Supply ditambah dengan Display, Keyboard & Mouse, maka telah cukup untuk mendapatkan sebuah perangkat keras Komputer yang akan siap digunakan.

Kembali pada pertanyaan semula, yaitu bagaimana cara memiliki Hardware Komputer dengan halal?. Untuk masalah Hardware, maka sebagaimana barang-barang lain pada umumnya, ketika seseorang telah membeli suatu Hardware maka artinya ia telah memiliki benda tersebut & telah halal untuk memanfaatkannya dan menjualnya kembali, tetapi ia tetap tidak halal atau tidak boleh untuk melakukan pemalsuan terhadap produk tersebut dengan jalan memperbanyak suatu Hardware dengan memberi merk dagang yang sama dengan aslinya.

Jadi, untuk Hardware Komputer, seorang bisa memiliki & menggunakan dengan legal melalui jalan jual beli atas dasar saling ridho sebagaimana barang-barang lain pada umumnya. Setelah seseorang memiliki seperangkat Hardware Komputer dengan halal, maka perangkat keras tersebut baru bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari jika satu elemen penting lainnya yaitu Software telah di-install atau dipasang pada Hardware tersebut.

2. Software, adalah kumpulan instruksi/perintah & data yang dikenal (dimengerti) oleh perangkat keras Komputer untuk tujuan tertentu. Software berperan sebagai pengatur & pengendali apa-apa saja yang harus dikerjakan oleh Hardware. Tentu saja, di atas Software ada Brainware sebagai pengendali utama atas apa-apa yang akan dikerjakan oleh sebuah Komputer. Contoh Software yang telah dikenal oleh banyak orang misalnya Windows XP, Windows Vista, Windows Seven, Ubuntu, Mac OS X, Photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, MS IE, Firefox, Open Office, Gimp dan lain sebagainya. Secara garis besar, software terbagi dalam 2 bagian besar, yaitu Operating System (Sistem Operasi) & Applications (Aplikasi).

Dilihat dari sisi ketersediaannya, software terbagi dalam 3 kategori besar yaitu :

Freeware adalah software-software yang tersedia secara gratis untuk dimanfaatkan atau digunakan. Contoh Freware untuk OS adalah Ubuntu, Fedora, openSuse, Debian, Mandriva, dan lain sebagainya dari distribusi Linux yang ada. Contoh Freeware untuk Aplikasi adalah OpenOffice, Gimp, Inkscape, Avast, Avira, AVG dan lain sebagainya dari seluruh Aplikasi yang bisa dimanfaatkan tanpa batas waktu.

Shareware adalah software-software yang tersedia secara gratis untuk dimanfaatkan atau digunakan dalam jangka waktu tertentu. Contoh Shareware untuk OS adalah Mac OS X dan lain-lainnya dari semua OS-payware yang disediakan masa percobaan. Contoh Shareware untuk Aplikasi adalah MS Office 2007, Photoshop, Avira, dan lain sebagainya dari seluruh Aplikasi yang bisa dimanfaatkan dalam batas waktu tertentu.

Payware adalah software-software yang tersedia dengan sistem jual beli & bisa dimiliki & dimanfaatkan dengan syarat-syarat tertentu (tergantung dari vendor). Contoh Payware untuk OS adalah Windows XP Family, Windows Vista, Windows 7 Family, Mac OS X dan lain sebagainya dari OS-OS yang berbayar. Contoh Payware untuk Aplikasi adalah MS Office 2007, Photoshop, Corel Draw, Avira, dan lain sebagainya dari seluruh Aplikasi yang bisa dimanfaatkan dengan biaya tertentu dan persyaratan tertentu. Persyaratan yang paling ditonjolkan oleh vendor suatu Software adalah berapa banyak Komputer yang bisa dipasang Software tersebut. Misal, dengan biaya tertentu, suatu Software hanya bisa dipasang pada 1 Komputer, 2 Komputer, banyak Komputer dst (makin besar biaya yang dikeluarkan makin banyak Komputer yang bisa dipasang Software tersebut). Kenapa syarat tersebut yang ditonjolkan? karena sifat dari Software adalah sangat mudah sekali untuk digandakan, sebagaimana kitab pada umumnya, meskipun masih lebih mudah Software untuk menggandakannya.

Singkat kata, untuk memakai suatu Software di sebuah Komputer, sebagai manusia yang bijak & baik adalah memperhatikan jenis Software yang akan dipakainya, Freeware, Shareware ataukah Payware? Kemudian mematuhi syarat-syarat yang telah disetujuinya. Karena umumnya, setiap Software memiliki syarat-syarat yang harus dipatuhi sebelum ia bisa digunakan & dimanfaatkan.

Demikian, secuil pengetahuan tentang Komputer & seluk-beluk Software yang menjadikan sebuah Komputer peralatan yang luar biasa canggih di zaman ini.

Advertisements